Menyimpan, Membuka Kembali dan Mencetak Buku Kerja di Microsoft Excel

Setelah kalian membuat lembar kerja dan mengisinya dengan data pada Microsoft Excel, tentu kalian ingin menyimpan, membuka kembali atau ingin mencetak lembar kerja tersebut. Tutorial kali ini akan membahas bagaimana menyimpan Workbook (buku kerja), membuka kembali buku kerja yang telah disimpan sebelumnya dan mencetak lembar kerja.

Menyimpan Buku Kerja

Untuk menyimpan Buku Kerja Excel yang telah kalian buat, silahkan ikuti petunjuk penyimpanan berikut ini:

Pertama (1) Klik Tab File di sudut kiri atas seperti gambar berikut ini:

Kedua (2) Klik Save atau Save As dan klik Browse untuk menentukan lokasi (folder) penyimpanan kalian.

Catatan : Perbedaan Save dan Save As adalah Save digunakan saat menyimpan Buku Kerja yang pertama kali, dan untuk menyimpan perubahan, misalkan kalian sudah menyimpan sebelumnya dengan nama “Latihan 1” dan kalian mengedit isi dari data yang ada kalian cukup klik Save untuk menyimpan perubahannya. Sedangkan Save As digunakan saat kalian ingin menyimpan ulang Buku Kerja dengan nama file yang berbeda atau ingin menyimpan di lokasi yang berbeda, misalkan pada buku kerja “Latihan 1” kalian akan menyimpan dengan nama “Latihan 1 Baru” maka kalian dapat menggunakan Save As.

Ketiga (2) tentukan lokasi / folder tempat penyimpanan dan berikan nama file yang kalian inginkan lalu klik tombol Save untuk menyimpan, lihat contoh pada gambar di bawah ini:

Setelah kalian berhasil menyimpan maka pada tampilan Excel akan muncul nama file kalian di bagian Title Bar Excel kalian seperti contoh pada gambar berikut ini.

Membuka Kembali Lembar Kerja di Excel

Lembar Kerja Excel yang telah kalian simpan sebelumnya dapat dibuka kembali untuk dicetak, atau untuk di edit atau hanya sekedar ingin melihat data dalam buku kerja kalian. Adapun cara membuka kembali buku kerja di excel, kalian dapat mengikuti tutorial berikut ini:

Pertama (1) Jalankan Excel di komputer kalian, klik tab File seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Kedua (2) Klik Open dan pilih Browse untuk mencari lokasi penyimpanan buku kerja yang telah disimpan sebelumnya

Ketiga (3) Cari lokasi file dan klik file buku kerja yang telah ditemukan, kemudian klik tombol Open

Mencetak Lembar Kerja Excel

Setelah dokumen buku kerja selesai dibuat atau dibuka kembali, kalian dapat mencetak buku kerja berdasarkan lembar kerja, misalkan kita akan mencetak tabel data siswa yang telah kalian buat sebelumnya, kalian dapat mengikuti tutorial berikut ini:

Pertama (1) Klik pada tab File kemudian klik Print
Kedua (2) Kalian dapat memilih printer yang akan kalian gunakan untuk mencetak, kalian juga dapat mengatur kertas, margin, dll.
Ketiga (3) Klik tombol Print untuk memulai mencetak dan tunggu sampai dokumen anda keluar dari mesin pencetak (printer).

Oke selamat mencoba dan semoga kalian dapat menggunakan excel secara maksimal dan membantu pekerjaan kalian.

Kalian juga dapat belajar dari video tutorial berikut ini:

Selamat Belajar…

3 thoughts on “Menyimpan, Membuka Kembali dan Mencetak Buku Kerja di Microsoft Excel”

  1. Buku adalah sumber informasi yang dimiliki oleh hampir seluruh orang di dunia. Meskipun begitu, banyak dari kita mungkin belum tahu bahwa hal-hal kecil yang sering kita lakukan ternyata dapat merusak buku. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpan buku agar buku tidak rusak. untuk selengkapnya, yuk kunjungi link berikut ya, terimakasih : http://news.unair.ac.id/2019/11/06/sudahkan-kita-benar-memperlakukan-buku-supaya-tidak-mudah-rusak/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *