Menggunakan Fungsi Aritmatika di Microsoft Excel

Fungsi aritmatika adalah suatu fungsi matematika sederhana yang ada pada Microsoft Excel yang terdiri dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan gabungan. Pada dasarnya di microsoft Excel telah menyediakan fungsi-fungsi untuk perhitungan angka.

Sebelum memulai membuat sebuah formula atau rumus di Excel, kalian harus tau aturan dalam menuliskan formula dan simbol-simbol operator seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Aturan paling dasar untuk menuliskan formula di Excel adalah setiap formula diawali dengan menuliskan sama dengan (=), contoh : = A1+A2.

Tabel Operator Aritmatika

Operator Jenis Operasi Contoh Penggunaan
+ Penjumlahan =Nama Cell 1+Nama Cell 2
Pengurangan =Nama Cell1-NamaCell 2
* Perkalian =Nama Cell 1*Nama Cell 2
/ Pembagian =Nama Cell 1/Nama Cell 2

Penggunaan Fungsi Aritmatika di Excel

Untuk latihan menggunakan fungsi aritmatika di Excel, silahkan kalian siapkan tabel berikut. Usahakan posisi kolom dan barisnya sama sehingga dapat mengikuti tutorial ini dengan baik.

Menggunakan Aritmatika di Excel
Menggunakan Aritmatika di Excel

Selanjutnya kita akan mulai menggunakan operator penjumlahan (+) sesuai dengan aturan penggunaan operator yang telah dijelaskan di paragraf sebelumnya yaitu dengan mengawalinya dengan simbo sama dengan (=).

Pastikan kalian mengaktifkan sel E4, dan kita akan mencoba menjumlahkan angka 80 yang berada di sel A4, dan angka 30 di sel B4.

Aktifkan Sel

Kemudian ketik rumus =A4+B4, seperti gambar di bawah ini. Namun selain dengan cara mengetik A4 dan B4, kalian dapat melakukannya dengan cara mengetik = lalu klik pada sel A4, kemudian ketik + dan klik sel B4.

Selanjutnya tinggal kalian tekan Enter, dan hasilnya akan muncul angka 110 di sel E4, seperti gambar di bawah ini.

Silahkan ulangi pada sel E5 sampai E7 supaya lebih lancar dan paham dengan cara penggunakan operator penjumlahan. Untuk Pengurangan, Perkalian dan Pembagian kalian dapat mencobanya dengan mengganti simbol operator sesuai tabel Operator Aritmatika yang sudah disediakan di atas.

Mengcopy Rumus/Formula di Excel

Mengetik rumus pada masing-masing sel cukup melelahkan, namun untuk latihan supaya lebih lancar, hafal dan paham perlu juga dilakukaan saat latihan. Nah di Excel sudah menyediakan fasiltas untuk mengcopy rumus atau sering disebut Fill Series, yang sangat membantu kita untuk mempercepat pekerjaan. Tentu cara ini bisa digunakan jika format rumusnya sama seperti =A4+B4, =A5+B5 dan seterusnya.

Cara Mengcopy Rumus:

Setelah menjumlahkan di sel E4 dengan rumus =A4+B4 dan didapatkan hasil, maka rumus dapat dicopykan ke sel-sel di bawahnya.

Pertama – Aktifkan kembali sel E4, perhatikan pada sudut sel sebelah kanan bawah ada kotak kecil yand saya sebut handle.

Arahkan pointer mouse ke bagian itu sehingga simbol pointer berubah menjadi tanda plus (+) lalu klik tahan dan tarik sampai batas cel E8, kemudian lepaskan tombol mouse.

Lihat hasilnya pada sel E5 sampai dengan sel E8, jika langkah yang kalian lakukan benar akan muncul seperti gambar berikut ini.

Silahkan dicoba untuk operator pengurangan, perkalian, pembagian dan gabungan. Jika ada pertanyaan silahkan menulis di kolom komentar di bawah postingan ini. InsyaAllah akan admin jawab..

Untuk lebih detailnya penggunakan Operator Aritmatika, simak juga video berikut ini.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *