Membuat Header dan Footer di Excel

Header adalah informasi yang dapat berupa kata atau kalimat atau bahkan gambar yang muncul di bagian atas setiap halaman yang dicetak atau di print. Sedangkan footer adalah informasi yang muncul di bagian bawah setiap halaman yang dicetak. Jadi tidak hanya di Microsoft Word saja yang memiliki header and footer, di Excelpun kalian bisa membuat header dan footer.

Meskipun secara default buku kerja atau workbook baru tidak memiliki header atau footer, namun dengan fasilitas bawaannya kita dapat menambahkannya.

Menambahkan Header dan Footer

Untuk membuat header dan footer, kalian dapat memulai dengan mengklik Page Setup, dari tab Page Layout >> Page Setup.

Setalah langkah tersebut, Excel akan menampilkan dialog Page Setup dan kalian dapat mengklik Header and Footer.

Anda dapat memilih header dan footer bawaan excel yang telah ditentukan sebelumnya atau kalian dapat membuatnya sendiri dengan mengklik tombol Custom Header atau Custom Footer.

  1. &[Page] – Menampilkan nomor halaman.
  2. &[Pages] – Menampilkan jumlah total halaman yang akan dicetak.
  3. &[Date] – Menampilkan tanggal saat ini.
  4. &[Time] – Menampilkan waktu saat ini.
  5. &[Path]&[File] – Menampilkan path lengkap dan nama file buku kerja.
  6. &[File] – Menampilkan nama buku kerja.
  7. &[Tab] – Menampilkan nama worksheet.

Pengaturan Header dan Footer lainnya

Saat header atau footer dipilih dalam tampilan Tata Letak Halaman, grup Header & Footer ┬╗Desain┬╗ Opsi berisi kontrol yang memungkinkan Anda menentukan opsi lain –

  1. Different First Page – Kalian bisa centang bagian ini untuk menentukan header atau footer yang berbeda untuk halaman pertama yang akan dicetak.
  2. Different Odd & Even Pages – Kalian bisa centang bagian ini untuk menentukan header atau footer yang berbeda untuk halaman ganjil dan genap.
  3. Scale with Document – Jika dicentang, ukuran font di header dan footer akan menyesuaikan ukuran dokumen. Dengan demikian jika dokumen tersebut diskalakan saat dicetak. Opsi ini diaktifkan, secara default.
  4. Align with Page Margins – Jika dicentang, header dan footer kiri akan disejajarkan dengan margin kiri, dan header dan footer kanan akan disejajarkan dengan margin kanan. Opsi ini diaktifkan, secara default.

Untuk tampilan Header and Footer dapat dilihat dari tampilan print preview, dan ketika kalian mencetak lembar kerja kalian, maka header and footer akan muncul di setiap halaman.

Selamat belajar excel khususnya header and footer, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan mengisi kolom komentar di bawah postingan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *