Bekerja Dengan Banyak Sheet Pada Microsoft Excel

Setiap buku kerja (workbook) berisi setidaknya satu lembar kerja (worksheet) secara default. Saat bekerja dengan data yang besar, kalian bisa membuat beberapa lembar kerja untuk membantu mengatur buku kerja kalian. Kalian juga dapat mengelompokkan lembar kerja dan juga menambahkan informasi dengan cepat ke beberapa lembar kerja secara bersamaan.

Secara default untuk Versi Office terbaru ketika kita menjalankan Microsoft Excel maka akan ada 1 buah worksheet dengan nama Sheet 1 seperti gambar berikut ini:

Menambahkan Worksheet/Sheet Baru

Untuk menambah worksheet baru kalian dapat melakukannya dengan mengklik tanda plus (+) yang berada di sebelah Tab Worksheet.

Cara di atas akan menambah worksheet baru di sebelah kanan. Selain cara di atas ada cara lain yang dapat dilakukan untuk menambah worksheet.

Cara yang kedua yaitu dengan mengklik Tab Home > Group Cells > Insert > Insert Sheet

Cara kedua ini akan menambahkan worksheet di sebelah kiri dari worksheet yang aktif, silahkan kalian mencoba dan amati perbedaan keduanya. Kalian dapat menambahkan lebih dari satu worksheet, sesuai dengan kebutuhan kalian.

Merubah Nama Worksheet

Ketika kita bekerja dengan banyak worksheet, tentu nama worksheet perlu kita ubah sesuai dengan isi masing-masing sheet. Misalkan kita bekerja dengan file laporan dan kita membedakan laporan perbulan dengan memisahkan menjadi beberapa sheet sesuai dengan bulannya. Seperti Contoh di bawah ini.

Untuk Merubah nama worksheet, kalian dapat melakukannya dengan mudah yaitu dengan mengklik kanan tab worksheetnya kemudian pilih Rename, ubah nama dan tekan Enter.

Hasil Worksheet yang telah diubah namanya menjadi seperti pada contoh gambar di bawah ini.

Menyusun Urutan Worksheet

Susunan Worksheet dapat kalian susun sesuai dengan keinginan kalian, caranya dengan meng-klik dan tahan worksheet yang ingin dipindahkan, kemudian kalian geser ketempat dimana worksheet akan dipindah.

Mengcopy/Menggandakan Worksheet

Selain kalian bisa menambahkan worksheet, kalian juga dapat mengcopy worksheet, sehingga jika kalian ingin membuat worksheet yang formatnya sama dengan worksheet yang sudah ada, kalian dapat mencopy worksheetnya. Caranya kalian klik kanan worksheet yang akan dicopy kemudian pilih Move or Copy dan lakukan urutan langkah seperti pada gambar di bawah ini.

Merubah Warna Tab Worksheet

Adakalanya kita ingin merubah warna tab worksheet sesuai kebutuhan. Kalian dapat melakukannya denan cara klik kanan pada tab Worksheet > Color > Pilih Warna.

Menghapus Worksheet

Worksheet dapat dihapus jika tidak diperlukan. Namun kalian perlu hati-hati dalam menghapus worksheet, karena worksheet yang telah dihapus tidak dapat dikembalikan lagi. Untuk menghapus worksheet kalian bisa klik kanan pada tab Worksheet kemudian klik Delete.

Demikian tutorial Cara Bekerja Dengan Banyak Sheet Pada Microsoft Excel, mudah-mudahan tulisan ini ada manfaatnya. Selain membaca tutorial ini, kalian juga bisa belajar melalui video tutorial di bawah ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *